web site hit counter Dibagi 3 Negara! Bongkar Fakta Menarik Pulau Kalimantan, Ready Dibagi Jadi 6 Provinsi Baru!
    Sunday 19th of May 2024

Dibagi 3 Negara! Bongkar Fakta Menarik Pulau Kalimantan, Ready Dibagi Jadi 6 Provinsi Baru!

Dibagi 3 Negara! Bongkar Fakta Menarik Pulau Kalimantan, Ready Dibagi Jadi 6 Provinsi Baru!

--

Walaupun pemekaran wilayah membawa banyak peluang, ada juga tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah menjaga keseimbangan ekologi dan melindungi keanekaragaman hayati Kalimantan. 

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik merata di seluruh wilayah baru ini. Jadi, pemekaran wilayah di Provinsi Kalimantan membawa peluang besar bagi pengembangan ekonomi, pariwisata, dan kehidupan sosial masyarakat setempat. 


Baca juga: Liburan! Wisata Teluk Kiluan Lampung Jadi Habitat Lumba-lumba: Harga Tiket, Penginapan, dan Akses Termudahnya

Baca juga: 4 Alasan Kalian Harus Kunjungi Teluk Kiluan! Bisa Lihat Lumba-lumba dan Keliling Pulau-pulau Keren

Baca juga: Asal Usul Wisata Teluk Kiluan, Jadi Favorit Pelancong yang Masih Suka Keasrian Alam yang Indah!

Fakta Unik Pulau Kalimantan yang Dibagi Untuk 3 Negara

1. Target Pemekaran Wilayah 

Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa di Pulau Kalimantan ada rencana pembentukan provinsi baru. Pulau Kalimantan atau Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Dimana pulau ini dibagi menjadi negara dimana Indonesia adalah 73 persen, Malaysia 26 persen dan Brunei hanya 1 persen. 

2. Pulau Seribu Sungai

Memiliki julukan 'Pulau Seribu Sungai' lantaran banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Kini di pulau Kalimantan sudah ada 5 provinsi. Kelima provinsi tersebut yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah. Provinsi ini nantinya akan dimekarkan lagi. Berikut pembahasannya! 

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU