web site hit counter Dibagi 3 Negara! Bongkar Fakta Menarik Pulau Kalimantan, Ready Dibagi Jadi 6 Provinsi Baru!
    Monday 6th of May 2024

Dibagi 3 Negara! Bongkar Fakta Menarik Pulau Kalimantan, Ready Dibagi Jadi 6 Provinsi Baru!

Dibagi 3 Negara! Bongkar Fakta Menarik Pulau Kalimantan, Ready Dibagi Jadi 6 Provinsi Baru!

--

MOTORMAGZ.com - Pulau Kalimantan, terletak di bagian tenggara Asia Tenggara, adalah pulau terbesar ketiga di dunia dan di Indonesia, dikenal dengan sebutan Borneo. Dengan kekayaan alam yang melimpah, Pulau Kalimantan memiliki potensi besar untuk pembangunan ekonomi dan sosial. Untuk mengoptimalkan potensi ini, beberapa rencana usulan pemekaran telah muncul dalam beberapa tahun terakhir.

Pulau Kalimantan adalah rumah bagi tiga negara: Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Dalam konteks Indonesia, Pulau Kalimantan terbagi menjadi lima provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Terlepas dari potensi alam yang kaya, masih ada tantangan besar dalam pembangunan di wilayah ini, termasuk aksesibilitas yang terbatas, ketimpangan pembangunan antar daerah, dan isu-isu lingkungan.


Baca juga: Fix! 6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan, Adakah Wilayahmu Salah Satunya?

Baca juga: Sebut Rencana Pemekaran Provinsi Papua Selatan Sebagai Upaya Memajukan Industri Lokal, Yakin Tak Akan Timbul Konflik?

Baca juga: 8 Wilayah Masuk Pemekaran Provinsi Papua Selatan, Harapan Besar Kembangkan Potensi Ekonomi dan Sosial!

Indonesia terletak di antara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º B. Selain itu, daratannya sangat luas yakni 1.922.570 km2. Berkat berada di garis lintang tersebut, bumi pertiwi berada di garis khatulistiwa.

Negara ini memiliki perairan dengan luas 3.257.483 km2 dengan pulau sebanyak 17.504 yang mana 6000 pulaunya tidak berpenghuni. Letak geografis Indonesia membuat negara ini mempunyai 3 waktu yang berbeda dan budaya yang beragam.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU