web site hit counter Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Terus Bergulir, Intip Yuk Pesona Wisata di Pintu Gerbang Sumatera
    Monday 29th of April 2024

Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Terus Bergulir, Intip Yuk Pesona Wisata di Pintu Gerbang Sumatera

Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Terus Bergulir, Intip Yuk Pesona Wisata di Pintu Gerbang Sumatera

--

Kota dimaksud yaitu Kota Sukabumi, yang sekaligus nantinya akan menjadi ibukota Provinsi Lampung Utara. Sedangkan 8 kabupaten gabung itu, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Bukit Agung Benatu. Selanjutnya, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Sungkai Bunga Mayang, dan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Baca juga: Masyarakat Desak Kabupaten Baru di Lampung Timur! Pembangunan dan Pengangguran Jadi Momok yang Harus Diberantas


Baca juga: Seru! Duel Sengit Yoga Adi VS Duo Yamaha Ziear di Kejuaraan Motorprix Gelombang 2 Subang

Baca juga: Siap Meluncur! Honda Beat 150 2024 Miliki Desain Lebih Futuristik dan Sporty, Tertarik Membeli?

2.Provinsi Lampung Tengah

Usulan kedua yaitu Provinsi Lampung Tengah pemekaran Provinsi Lampung. Hingga kini, sudah ada 2 kota dan 4 kabupaten menyatakan diri siap bergabung dengan Provinsi Lampung Tengah tersebut.

Kedua kota gabung Provinsi Lampung Tengah dimaksud yaitu Kota Metro Lampung dan Kota Gunung Sugih. Sedangkan empat kabupaten bergabung yaitu Kabupaten Seputih Barat, Kabupaten Seputih Timur, Kabupten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur. Untuk rencana ibukota Provinsi Lampung Tengah sendiri akan berada di Kota Metro Lampung.

3.Provinsi Lampung Selatan

Terakhir atau ketiga usulan provinsi baru yaitu Provinsi Lampung Selatan pemekaran Provinsi Lampung. Sudah ada 1 kota dan 6 kabupaten akan memisahkan diri dari Provinsi Lampung dan memilih bergabung dengan Provinsi Lampung Selatan.

Untuk kota itu yaitu Kota Kalianda, dan sekaligus direncanakan sebagai ibukota Provinsi Lampung Selatan nantinya. Sedangkan 6 kabupaten bergabung, yaitu Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Lampung Tenggara, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kabupaten Natar Agung.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU