web site hit counter Fix! 6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan, Adakah Wilayahmu Salah Satunya?
    Monday 6th of May 2024

Fix! 6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan, Adakah Wilayahmu Salah Satunya?

Fix! 6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan, Adakah Wilayahmu Salah Satunya?

--

Pemekaran Pulau Kalimantan

Berikut ini adalah daftar 6 provinsi baru Kalimantan yang sedang dicanangkan: 

  1. Provinsi Sambas Raya

Pemekaran dari Kalimantan Barat ini terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota. Meliputi Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas. Kota Sambas dan Kabupaten Sambas Utara, dimana dua daerah ini merupakan calon daerah otonomi baru. Rencananya ibukota berada di kota Sambas.

  1. Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran dari Kalimantan Barat. Kapuas Raya terdiri dari 5 Kabupaten pertama Kabupaten Sanggau, kedua Kabupaten Sekadau. Selanjutnya Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu. Rencana ibukota Provinsi Kapuas Raya berada di Sintang.

Baca juga: Gokil! Spesifikasi Nokia Lumia Max 5G Terbaru 2023, Dibanderol dengan Harga Miring! Jadi Rajanya Pecinta Android

Baca juga: Gemparkan Dunia Android! Nokia Lumia Max 5G 2023 Hadir dengan Kamera 108MP Tampilan Mirip Iphone!

Baca juga: INFO! Loker PT Indofood Bulan November Tahun 2023, Fresh Graduate hingga Sarjana Silahkan Merapat!

  1. Provinsi Tanjung Pura

Provinsi Tanjung Pura juga masih pemekaran dari Kalimantan Barat. Untuk administrasinya Terdiri dari 5 Kabupaten, meliputi Kabupaten Kayong Utara. Serta 4 calon Kabupaten baru Hulu Aik Kabupaten tumbang titik, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Jelai kendawangan Raya. Rencananya ibukota berada di kota Ketapang, yang merupakan calon daerah otonomi baru.

  1. Provinsi Kotawaringin

Wilayah administrasinya terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau. Ada lagi Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan dan kabupaten Kotawaringin Timur. Ibukota Provinsi Kotawaringin ini akan ditempatkan di Seruyan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU