web site hit counter Fix! 6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan, Adakah Wilayahmu Salah Satunya?
    Wednesday 24th of April 2024

Fix! 6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan, Adakah Wilayahmu Salah Satunya?

Fix! 6 Provinsi Baru Pemekaran Pulau Kalimantan, Adakah Wilayahmu Salah Satunya?

--

MOTORMAGZ.com - Pulau Kalimantan, terletak di bagian tenggara Asia Tenggara, adalah pulau terbesar ketiga di dunia dan di Indonesia, dikenal dengan sebutan Borneo. Dengan kekayaan alam yang melimpah, Pulau Kalimantan memiliki potensi besar untuk pembangunan ekonomi dan sosial. Untuk mengoptimalkan potensi ini, beberapa rencana usulan pemekaran telah muncul dalam beberapa tahun terakhir.

Pulau Kalimantan adalah rumah bagi tiga negara: Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Dalam konteks Indonesia, Pulau Kalimantan terbagi menjadi lima provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Terlepas dari potensi alam yang kaya, masih ada tantangan besar dalam pembangunan di wilayah ini, termasuk aksesibilitas yang terbatas, ketimpangan pembangunan antar daerah, dan isu-isu lingkungan.


Baca juga: 8 Wilayah Masuk Pemekaran Provinsi Papua Selatan, Harapan Besar Kembangkan Potensi Ekonomi dan Sosial!

Baca juga: Sebut Rencana Pemekaran Provinsi Papua Selatan Sebagai Upaya Memajukan Industri Lokal, Yakin Tak Akan Timbul Konflik?

Baca juga: Wih! Meninggal Saat Jomblo Tergolong Mati Syahid, Emang Bener? Begini Penjelasan Gus Baha

Kalimantan letaknya di tengah-tengah Indonesia sehingga layak dicalonkan sebagai lokasi ibu kota Indonesia masa depan. Wilayahnya pun dibagi menjadi lima provinsi berdasarkan urutan pembentukannya:

  • Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak
  • Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya
  • Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarbaru
  • Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda
  • Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor

Terbaru, terdapat beberapa usulan wacana pembentukan Provinsi yang belum terealisasi sampai saat ini. Setidaknya ada 6 wilayah yang akan membentuk Provinsi baru diwilayah ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU