web site hit counter 9 Daerah Ini Siap Masuk Pemekaran Provinsi Papua Pegunungan, Masyarakat Taruh Harapan Besar Untuk Kedepannya!
    Tuesday 21st of May 2024

9 Daerah Ini Siap Masuk Pemekaran Provinsi Papua Pegunungan, Masyarakat Taruh Harapan Besar Untuk Kedepannya!

9 Daerah Ini Siap Masuk Pemekaran Provinsi Papua Pegunungan, Masyarakat Taruh Harapan Besar Untuk Kedepannya!

--

Provinsi Papua Pegunungan

Papua Pegunungan memiliki luas 108.476 kilometer. Papua Pegunungan ini berbatasan dengan Kabupaten Mamberamo Raya, Sarmi, Jayapura, dan Kabupaten Keerom di utara, Papua Nugini di timur, serta Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Asmat di selatan. 

Di sisi barat, Papua Pegunungan berbatasan dengan Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Puncak, dan Kabupaten Mimika.


Baca juga: Tarif Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim Terlalu Mahal? Warga Mengeluh, Mau Lewat Tol Jadi Mikir Dulu!

Baca juga: Jelajahi Papua Tengah: Intip Sejarah dan Eksplorasi Alam yang Sangat Memukau! Jadi Aset Besar Indonesia

Baca juga: Intip Spek Suzuki Saluto 125 yang Jadi Lawan Berat Fazzio dan Vesmet! Banyak Peminat Tapi Susah Masuk Pasar Indonesia

Pegunungan adalah rumah bagi banyak spesies unik dan langka, termasuk burung cendrawasih yang cantik, marsupial pohon seperti tree kangaroo, dan bunga anggrek yang indah. Keanekaragaman hayati di wilayah ini menjadikannya tujuan yang sempurna bagi para pecinta alam dan peneliti biologi.

Salah satu yang menjadi tantangan dalam pembentukan provinsi baru Papua Pegunungan adalah dalam pengukuran wilayahnya. Badan Informasi Geospasial memperkirakan wilayahnya mencakup 51.213,330 km², sementara Badan Pusat Statistik 2023 menghitungnya mencapai 88.420,64 km². 

Dengan dibentuknya Papua Pegunungan sebagai provinsi baru diharakan akan membantu mengatasi berbagai tantangan sosial dan ekonomi yang dihadapi oleh penduduk setempat.

Selain itu diharapkan juga menjadi pusat pembangunan berkelanjutan, menjaga kekayaan alam dan budaya sambil membuka peluang ekonomi bagi masyarakatnya. 

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU