web site hit counter Manfaat dan Efek Samping Air Mawar Untuk Wajah, Aman Digunakan Tiap Hari Asalkan?
    Saturday 27th of April 2024

Manfaat dan Efek Samping Air Mawar Untuk Wajah, Aman Digunakan Tiap Hari Asalkan?

Manfaat dan Efek Samping Air Mawar Untuk Wajah, Aman Digunakan Tiap Hari Asalkan?

--

  1. Menyelaraskan Keseimbangan pH Kulit Wajah

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat untuk menyelaraskan pH kulit. Menurut penelitian tahun 2018 yang dilakukan oleh Ehrhardt Proksch dari University of Kiel, Jerman, pH kulit kita biasanya berkisar antara 4,1 hingga 5,8.

pH air mawar sendiri biasanya berada dalam kisaran 4,0 hingga 4,5. Sebuah jurnal yang dipublikasikan dalam Current Problems in Dermatology tahun 2018 merekomendasikan penggunaan produk perawatan kulit dengan tingkat pH antara 4,0 hingga 5,0 karena hal ini dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan intoleransi kulit.

  1. Membersihkan Kulit Wajah

Air mawar juga berfungsi sebagai astringent untuk menjaga kulit tetap bersih. Astringen umumnya digunakan untuk membersihkan kulit, mengurangi kelebihan minyak, dan mengecilkan pori-pori.

  1. Menghasilkan Kulit Wajah yang Berseri

Manfaat air mawar dalam memberikan kelembapan dan menyeimbangkan pH kulit wajah dapat membantu mencapai tampilan wajah yang berseri. Meskipun air mawar tidak secara khusus memutihkan kulit, ia dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghilangkan kotoran dan meningkatkan penampilan kulit menjadi lebih cerah.

  1. Mengurangi Mata Lelah dan Pembengkakan pada Wajah

Air mawar juga memiliki manfaat untuk meredakan mata yang lelah dan mengurangi pembengkakan pada wajah. Caranya, rendam dua kapas dalam air mawar dingin, lalu letakkan kapas tersebut di atas mata dan biarkan selama 5 menit.

Baca juga: Obat Migrain Paling Ampuh Bisa Dibeli di Apotek Terdekat, Aman Dikonsumsi Sesuai Aturan Pakai

Baca juga: Ada 4 Makam Keramat Misterius di Gunung Salak, Penyebab Bala Bencana? Begini Kata Masyarakat Sekitar

Efek Samping Penggunaan Air Mawar secara Berlebihan

Mengacu pada informasi dari laman kesehatan Medical News Today, ada potensi efek samping yang bisa timbul akibat penggunaan air mawar. Penggunaan air mawar secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kemungkinan efek samping.

Salah satu potensi efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan air mawar adalah sensasi panas atau perih pada kulit, seperti terbakar. Efek samping ini dapat muncul akibat sensitivitas tertentu terhadap produk tersebut.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU