Tuesday 6th of December 2022

Contoh Tembang Asmaradana dan Artinya dalam Bahasa Indonesia, Tentang Kisah Asmara Seseorang

×

Contoh Tembang Asmaradana dan Artinya dalam Bahasa Indonesia, Tentang Kisah Asmara Seseorang

--

MOTORMAGZ.com – Apakah kamu sedang mencari contoh tembang Asmaradana? Nah, kamu sudah berada di artikel yang tepat! Berikut ini adalah informasi mengenai contoh tembang Macapat yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dilansir dari berbagai sumber, tembang merupakan sebuah lirik/sajak yang mempunyai irama nada sehingga dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai lagu. Biasanya tembang dikenal sebagai lagu tradisional di Bali dan Jawa.


Baca juga: Kumpulan Contoh Tembang Sinom Buatan Sendiri, Dilengkapi dengan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Baca juga: Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui Ada Apa Saja? Harus Bijak dalam Penggunaannya

Baca juga: Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat 2022, 100% Work dan Bisa Langsung Digunakan

Tembang Macapat sendiri merupakan tembang atau puisi tradisional Jawa. Berdasarkan beberapa sumber, setiap bait macapat mempunyai baris kalimat yang disebut gatra, dan setiap gatra mempunyai sejumlah suku kata tertentu, dan berakhir pada bunyi sajak akhir yang disebut guru lagu.

Tembang Macapat juga terbagi menjadi beberapa jenis yang mana disesuaikan dengan tema dan fungsinya. Salah satu tembang Macapat yaitu tembang Asmaradana.

Tentang Tembang Asmaradana

Asmaradana artinya cinta. Tembang macapat ini digambarkan mengisahkan masa-masa asmara dan percintaan. Untuk lebih memahaminya, baca contohnya di bawah ini!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU