web site hit counter Cari Motor Mulus Tapi Dana Minim? Nih Buruan Sikat Daftar Motor Bekas Harga 4-9 Jutaan, Ada Manual dan Matik
    Thursday 25th of April 2024

Cari Motor Mulus Tapi Dana Minim? Nih Buruan Sikat Daftar Motor Bekas Harga 4-9 Jutaan, Ada Manual dan Matik

Cari Motor Mulus Tapi Dana Minim? Nih Buruan Sikat Daftar Motor Bekas Harga 4-9 Jutaan, Ada Manual dan Matik

--

Motormagz.com - Motor matic dalam 5 tahun terakhir seringkali menjadi pilihan yang diprioritaskan. Salah satu motivasi untuk membeli motor matic adalah kenyamanan dan kemudahan dalam mengoperasikannya.

Berkendara dengan motor matic memang lebih sederhana daripada motor dengan kopling. Pengemudi hanya perlu memutar gas dan menggerakkan tuas rem yang terdapat di handle sebelah kiri dan kanan.


Tidak heran jika penjualan motor matic dalam 5 tahun terakhir ini telah menjadi penyumbang terbesar bagi berbagai produsen otomotif. Namun, sejak pandemi melanda, penjualan berbagai kendaraan baru mengalami penurunan yang signifikan.

Baca juga: Gak Perlu Tendang Pintu! Harga Motor Yamaha Aerox 155 Bekas Tahun 2017-2021 Cuma Segini

Banyak orang memilih untuk menahan diri dari pembelian motor matic baru. Sebagai alternatifnya, mereka lebih memilih untuk membeli sepeda motor bekas dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih ekonomis.

Dapat dikatakan bahwa terdapat banyak pilihan motor bekas dengan harga berkisar antara Rp 4 hingga Rp 9 juta. Pilihan ini mencakup berbagai jenis, mulai dari bebek hingga matic.

Tentu saja, pilihan tersebut mencakup berbagai merek, jenis, tahun produksi, dan kisaran harga yang beragam.

Seperti yang tersedia di dealer motor bekas Citra Motor yang berlokasi di Jl. Raya Ciputat, No. 5, Tangerang.

Bagi konsumen yang lebih menyukai jenis matik, ada pilihan seperti Yamaha Mio, Honda BeAT, dan Yamaha Xeon.

Sementara bagi mereka yang lebih memilih tipe bebek, tersedia pilihan seperti Suzuki Satria FU, New Vega, dan Honda Kharisma.

Menurut Yudi, selama ini pelanggan dari berbagai kalangan mencari motor bekas dengan harga berkisar antara Rp 4 hingga Rp 10 jutaan.

"Sebagai contoh, Yamaha Mio Sporty tahun 2011 dalam kondisi mulus dengan pajak mati selama 1 tahun dijual seharga Rp 4 juta dan masih dapat dinegosiasikan," kata Wawan pada hari Senin (16/10/2023).

"Ikut berperan juga orang-orang yang menggunakan motor ini dalam kegiatan sehari-hari mereka," tambahnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa motor bekas yang ditawarkan dalam kisaran harga di atas memiliki surat lengkap dan beberapa di antaranya memiliki pajak yang masih aktif dan ada pula yang telah mati.

Penasaran apa saja pilihannya? Silakan langsung simak daftar motor bekas harga Rp 4-9 juta berikut ini:

Tipe

Tahun

    Harga

Mio Sporty

2011

Rp      4 juta

Honda BeAT

2012

Rp      4 juta

Honda Kharisma

2005

Rp    4,6 juta

Yamaha MX

2008

Rp    4,7 juta

New Vega

2007

Rp    5,5 juta

Vario 110

2009

Rp       7 juta

Yamaha Xeon

2011

Rp    6,5 juta

Yamaha Bison

2013

Rp    8,3 juta

Satria FU 150

2013

Rp    8,7 juta

Honda Scoopy

2012

Rp    9,5 juta

Honda Vario

2011

Rp    8,5 juta

Harga bisa berbeda dengan lainnya dan masih bisa nego tergantung kondisi motor dan daerah.

Baca juga: Langsung Gass, Motor Bekas Yamaha Nmax 2018-2020 Rp 15 jutaan Bertebaran di OLX, Pertanda Nmax 160cc?

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Beli Motor Bekas

Kendaraan yang telah berusia lebih dari 7 tahun, sebaiknya mendapat peremajaan pada bagian mesin karena bagian ini cenderung lebih rentan terhadap kerusakan.

Sebagai contoh, bagian seperti CVT, komponen internal mesin, atau komponen suspensi sebaiknya mendapatkan peremajaan. Lakukan proses peremajaan mesin dan komponen lainnya di bengkel yang memiliki reputasi yang baik.

Biasanya, terdapat kerusakan minimal pada komponen bagian dalam mesin karena umur kendaraan yang sudah cukup tua, dan kita tidak memiliki informasi mengenai perawatan oleh pemilik sebelumnya.

Peremajaan juga bisa diterapkan pada komponen suspensi. Umumnya, suspensi pada motor bekas sudah dalam kondisi yang tidak bagus.

Maka akan lebih baik jika suspensi yang sudah mengalami kerusakan digantikan dengan yang baru. Dari segi harga, suspensi depan dan belakang untuk sepeda motor tidak terlalu mahal.

Jika terbatas dalam hal anggaran perbaikan, bisa juga mempertimbangkan untuk melakukan rekondisi. Suspensi depan dan belakang bisa diperbaiki di bengkel khusus yang mengatasi masalah suspensi, dan biayanya biasanya lebih terjangkau.

Namun, akan lebih baik jika suspensi yang sudah mengalami kerusakan diganti dengan yang baru. Selain memberikan kenyamanan yang lebih baik, komponen yang baru juga memiliki umur pakai yang lebih panjang.

Kelengkapan Dokumen

Tantangan yang seringkali muncul pada motor bekas adalah berkaitan dengan dokumen-dokumen. Contohnya, pajak yang belum dibayarkan selama lebih dari 3 tahun atau terkadang STNK yang hilang.

Disarankan untuk mencari motor bekas yang dilengkapi dengan semua dokumen yang diperlukan, seperti BPKB, STNK, dan faktur pembelian yang lengkap.

Atau lebih baik lagi jika terdapat manual book dan catatan layanan (service record) yang masih utuh.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU