Tuesday 6th of December 2022

Tanda Tanda Penting Ban Mobil Harus Segera Diganti, Bahaya!

×

Tanda Tanda Penting Ban Mobil Harus Segera Diganti, Bahaya!

--

MOTORMAGZ.com - Sebagai pengemudi tentunya kita memiliki kewajiban untuk melakukan pengecekan rutin terhadap kendaraan bermobil serta memastikan kondisinya selalu fit sebelum berkendara. Sudah sepatutnya kamu untuk lebih peka terhadap kondisi dari kendaraan yang kamu miliki, termasuk peka akan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian ban.

Keselamatan menjadi hal yang paling utama dalam berkendara di jalanan. Tentunya, sebagai pengemudi, kita tetap harus memperhatikan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi tidak hanya keselamatan diri sendiri namun juga pengguna jalan yang lain.


Baca juga: Mobil SUV Honda RS Concept Keliling Indonesia, Mulai Dipamerkan di Kota Medan

Baca juga: Suzuki Indonesia Akan Luncurkan 2 Motor Matic Tahun ini? Pesaing Yamaha Nmax, Fazzio dan Vespa Matik

Baca juga: Harga Honda Supra X 125 FI Model Terbaru 2022, Masih Tetap Paling Irit dari Motor Honda Lainnya

1. Mengganti ban mobil apabila umurnya sudah lebih dari 3 tahun.

Meskipun ban mobil terbuat dari bahan dasar karet, namun pemakaian dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat kondisi kelenturan dari karet tersebut akan terus berubah. Yang tadinya ban mobil memiliki tekstur yang elastis, hingga menjadi keras dan kehilangan kelenturannya.

2. Mengganti ban mobil jika  jarak tempuh sudah mencapai 40 ribu km.

Dibalik durasi penggantian ban mobil yang tidak boleh lebih dari 3 tahun pemakaian, akan lebih baik jika ban mobil segera diganti apabila jarak tempuh sudah mencapai 40 ribu km.

Kondisi pemakaian rata-rata ban mobil dalam setiap tahunnya berkisar 15-20 ribu km. Sehingga, perkiraan jarak tempuh 40 ribu km akan tercapai dalam waktu 2-3 tahun lamanya.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU