Tuesday 6th of December 2022

Cara Merawat Ban Tubeless untuk Semua Sepeda Motor, Langkah Mudah dan Praktis

×

Cara Merawat Ban Tubeless untuk Semua Sepeda Motor, Langkah Mudah dan Praktis

--

MOTORMAGZ.com - Ban merupakan komponen penting sepeda motor, performa motor yang maksimal tidak akan pernah didapat jika tanpa adanya dukungan kualitas ban yang bagus karena ban berhubungan dengan laju motor. Beberapa tahun belakangan ini pilihan penggunaan ban tubeless untuk kendaraan sudah sangat lumrah. Motor keluaran terbaru saat ini pada umumnya sudah dibekali dengan jenis ban tubeless. Ban tubeless yang merupakan jenis ban tanpa karet dalam dipercaya memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan jenis ban biasa (tube type) atau jenis ban yang masih menggunakan ban karet dalam.

Ban Tubeless yang tidak menggunakan ban dalam pastinya memiliki struktur yang berbeda degan jenis ban biasa. Setiap masing - masing jenis ban tentunya memiliki cara khusus tersendiri untuk merawat ban agar mampu bekerja secara maksimal dan memiliki masa pemakaian yang panjang atau awet. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita mengetahui cara merawat ban supaya kita mendapatkan ban motor yang awet dan performa motor yang maksimal.


Baca juga: Buku Tulis dan Pulpen Bagi Siswa Menurut Kelangkaannya Termasuk Barang Apa?

Baca juga: Dokter, Sopir, dan Tukang Cukur Adalah Jenis Pekerjaan di Bidang Apa?

Baca juga: Sopir Angkot Adalah Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan? Ternyata Begini Jawabannya!

Berdasarkan informasi yang berhasil didapat dari saudara Supri selaku Mekanik SuperBan dari salah satu bengkel di daerah Jakarta Pusat yang melayani pergantian ban menjelaskan bahwa semua jenis ban membutuhkan perawatan. Khusus untuk sepeda motor, paling penting adalah perawatan dengan menjaga tekanan angin ban. Untuk motor jenis matic yang memakai ban tubeless ban dianjurkan memiliki tekanan ban depannya 30 Psi dan tekanan ban belakang 35 Psi. Jika ban kekurangan tekanan angin makan akan menyebabkan terjadi beberapa hal berikut:

Lanjut,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU