Saturday 10th of December 2022

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor Bebek dan Matik? Ternyata Tidak Perlu Sering Diganti

×

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor Bebek dan Matik? Ternyata Tidak Perlu Sering Diganti

--

MOTORMAGZ.com - Sistem pengereman merupakan salah satu rangkaian keselamatan pada motor yang memiliki fungsi sangat vital. Rem motor berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara, rem yang berkerja maksimal tentunya menjadi idaman semua pemilik motor demi menjaga keselamatan selama berkendara, baik itu anda sebagai pengendara yang menyukai kecepatan atau tidak sistem pengereman yang maksimal wajib dimiliki setiap kendaraan bermotor. Sistem pengereman terdiri dari berbagai komponen yang membutuhkan perhatian ekstra dan berkala agar fungsi dari rem tetap berfungsi secara optimal.

Komponen - komponen sistem pengereman ada yang harus diganti secara berkala ada pula yang tidak perlu diganti. Akan tetapi semua komponen harus tetap mendapatkan perhatian dari anda mulai dari brake pad alias kampas rem hingga kontrol viskositas minyak rem. Pada kesempatan kali ini situs berita motor motormagz.com akan membahas tetang kapan waktu yang tepat untuk menganti minyak rem. Fungsi minyak rem adalah sebagai pelumas komponen logam yang bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan saat melaju agar tahan panas dan tidak mudah aus.


Baca juga: Cara Memilih Busi Motor yang Tepat dan Sesuai Spesifikasi Motor Agar Tarikan Semakin Enteng

Baca juga: Tips Memilih Helm Half Face Atau Full Face, Jangan Asal Pilih! Perhatikan Hal Berikut ini

Baca juga: Daftar Harga Oli Motor Semua Merk Terbaru 2022, Waspada Oli Palsu Sudah Banyak Beredar

Seiring pemakaian kendaraan yang lama tentunya volume minyak rem juga akan bekurang, cara mengetahui volume minyak rem yang berkurang anda dapat melihatnya melalui tabung minyak rem pada master rem atau jika saat pengereman handle rem terasa keras kemungkinan volume minyak rem sudah berkurang. Jika sampai minyak rem habis hal ini akan menyebabkan piston kaliper tidak bekerja secara optimal dan dapat menyebabkan komponen rem lainnya berkarat karena kehabisan minyak rem.

Menurut saudara Budi, selaku mekanik Bumen Jaya Motor menjelaskan, minyak rem umumnya tidak habis tapi hanya berkurang, namun berkurangnya bukan karena terjadi penguapan, menurut Budi, berkurangnya minyak rem bisa disebabkan karena kampas rem sudah mulai menipis.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU