web site hit counter Tak Gentar Meski Terkendala Moratorium DOB, Lampung Tengah Siapkan Usulan 2 Daerah Pemekaran Baru
    Monday 29th of April 2024

Tak Gentar Meski Terkendala Moratorium DOB, Lampung Tengah Siapkan Usulan 2 Daerah Pemekaran Baru

Tak Gentar Meski Terkendala Moratorium DOB, Lampung Tengah Siapkan Usulan 2 Daerah Pemekaran Baru

--

MOTORMAGZ.com – Salah satu kabupaten di Lampung tengah mempersiapkan usulan pemekaran wilayah baru. Daerah tersebut adalah Kabupaten Lampung Tengah. Meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, wacana ini terus mendapat dukungan dan perjuangan dari berbagai pihak.

Lampung sendiri merupakan sebuah provinsi di bagian ujung selatan Pulau Sumatra, Indonesia. Ibu kota dan pusat pemerintahannya berada di Kota Bandar Lampung. Provinsi ini memiliki dua kota, yaitu Bandar Lampung dan Metro, serta 13 kabupaten.


Baca juga: Usulan Pemekaran 3 Provinsi Baru di Lampung, Semangat Dukungan Tetap Menggema Hingga Kini

Baca juga: Baru! Provinsi Papua Tengah Punya Lambang Baru, Terdapat Makna Pada Tiap Simbolnya!

Baca juga: Ada Harapan Baru! Pemekaran Wilayah Provinsi Papua Tengah Dapat Dukungan Penuh, 6 Wilayah Baru Siap Diluncurkan

Provinsi ini memiliki luas wilayah mencapai 33.554 kilometer persegi, 2 kota, dan 13 kabupaten, telah merumahkan lebih dari 9 juta jiwa penduduk menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022.

Salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yaitu Kabupaten Lampung Tengah telah mengusulkan pemekaran wilayahnya menjadi dua kabupaten otonomi baru, yaitu Kabupaten Seputih Timur dan Kabupaten Seputih Barat.

Akan tetapi, proses pemekaran ini masih terhambat oleh moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat. Walau telah ada Surat Keputusan Gubernur Lampung dan dukungan dari pemerintah daerah, proses resmi pemekaran masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU